Selasa, 02 Juni 2009

JANGAN BAWA MASALAH DALAM TIDUR

Manusia hidup di dunia diuji dengan berbagai masalah, baik itu masalah kecil atau besar. Masalah yang dialami manusia merupakan ketentuan Allah Swt. Hal ini seperti yang tertuang dalam firman Allah dalam surat Al Baqarah : 155 di bawah ini :
“ Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. “
Selain itu, Allah juga berfirman dalam surat Al Ankabut ayat 2 :
“ Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, ‘kami telah beriman’, dan mereka tidak diuji ? ”
Bagi sebagian orang, masalah dianggap sebagai sarana atau jalan untuk mendewasakan diri dan mengasah kemampuan dalam mencari solusi (problem solving). Ini pemikiran orang yang cerdas emosinya. Namun ada sebagian lagi yang menganggap masalah sebagai musibah, atau hal-hal yang sifatnya negatif. Pendapat ini sering kita temui di sekitar kita, atau mungkin kita termasuk di dalamnya. Untuk golongan yang kedua ini, hanya akan membuat diri ini ‘tersiksa’ karena tiap saat hanya memikirkan masalah ini tanpa mencari jalan keluar dari suatu masalah. Tiada hari tanpa melamun, dan akhirnya stress. Kalau sudah stress, makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, dan tubuh pun jadi rusak. Naudzubillah.
Saudaraku,
Jika masalah sudah menguasai hidup, maka mustahil hidup akan bahagia.
Saudaraku,
Kita hidup di dunia hanya sebentar, dalam bahasa Jawa dikatakan ‘urip kuwi namung mampir ngombe’, yang artinya hidup itu hanya persinggahan sementara. So, jika masalah sudah menguasai hidup kita, maka percuma saja kita hidup! Eits…tapi kita dilarang keras mengambil jalan pintas jika ada masalah!
Saudaraku,
Ketika kita dihadapkan dengan suatu masalah seberat apapun, kita harus ingat kalau kita tidak sendiri, kita masih punya Allah yang akan selalu siap jika dimintai pertolongan. Allah berfirman dalam Qur’an surat Al Fatihah : 5 di bawah ini :
“ Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. “
Dari firman Allah tersebut, kita bisa ambil pelajaran bahwa untuk apa kita bersusah payah menghadapi masalah, toh…Allah jualah yang akan memberi jalan keluar. Seperti difirmankan Allah dalam surat Al Baqarah ayat 214,
“……Ingatlah, sesunguhnya pertolongan Allah itu dekat. “
Saudaraku,
Islam mengajarkan pada kita jika sebelum tidur untuk membaca do’a : ‘Bismika Allahumma ahya wa amuut’, yang artinya ‘Dengan namaMu ya Allah, aku hidup dan mati.’ Lalu, apa do’a tersebut sudah menyelesaikan masalah ? Do’a tersebut belum menyeleaikan masalah karena dalam do’a tersebut kita hanya memasrahkan hidup dan mati kita pada Allah.
Lalu, do’a apa yang bisa buat hidup kita tenang dalam menghadapi masalah dan tidak mengganggu tidur kita ? Jawabnya, mudah. Setelah kita baca do’a sebelum tidur tersebut kemudian dilanjutkan baca do’a sebagai berikut : ‘Bismillahirrohmanirrohim. Ya Allah, Ya ‘Aziz, hamba adalah orang yang dho’if dan bodoh, hamba titipkan segala permasalahan hidup hamba kepada-Mu dan hamba juga mohon berilah jalan untuk melunasi hutang-hutang hamba karena hanya Engkaulah Pemilik jalan keluar dari masalah hamba. Hamba ingin istirahat ya Allah, jagalah hamba selama tidur supaya besok hamba siap berikhtiyar dan berjuang di jalan-Mu. Amin.’Jika kita mengamalkan do’a tersebut, insya Allah pikiran kita jadi tenang, tidur pun jadi nyenyak, dan akhirnya hidup kita akan bahagia. Ingat…Allah sangat senang jika kita menitipkan masalah kita pada Allah karena itu artinya kita masih butuh pertolongan Allah. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi para pembaca,silakan tinggalkan komentar.Supaya ada masukan buat saya ke depannya.Terima kasih.